Tentang Titi

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
istri, ibu dari 5 anak, full time worker, menghibur diri dengan berkreasi dan berpuisi

Minggu, 08 September 2013

Judulnya Garang Asem

Kalau Sondang punya Astri Nugraha sebagai salah satu sumber inspirasi memasaknya, maka aku punya Tri. Meski Tri enggak punya blog, eh punya tapi gak pernah diisi, kegemaran memasaknya sudah dikenal di kalangan teman temannya. Masakannya enak. Apalagi kue kuenya. Trus sehat. Trus sering ngebagi juga :D *penting* Dan yang paling penting adalah kata-kata dia, klo Tri bisa, aku (dan Sondang) juga bisa. Masalahnya mau nyoba apa enggak. Itu saja. Ya iyaa laah... masak itu kan tentang alah bisa karena biasa kaan....

Ceritanya pas habis lebaran kemarin, kami janjian makan bareng di rumah Tri. Dia masak tekwan yang enak *tapi aku belom pengen belajar* dan garang asem. Garang asem ini lebih menarik karena mengingatkanku pada almarhum Bapak. Bapak dulu suka minta dimasakin buncis bumbu garang asem. Ingetku pake kemiri juga ... santan juga... tapi judulnya sayur. Klo yang Tri bikin adalah ayam + ati ampela yang dibungkus daun mirip pepes gitu. Pas kulihat ada daun bagus di mang sayur + tomat hijau, aku kepikiran minta resep garang asem ini.
Ini bunyi sms Tri :
Bwg putih 5 bwg merah 5 diulek halus masukkan ke santal kental masak sambil diaduk kasih gula jawa dan asem jawa dan garam. Matikan saat mau mendidih. Ayamnya potong kecil, taruh diatas daun kasih tomat salam dan cabe bila suka, kasih kuah santan, bungkus, kukus 1,5 jam supaya tanek.

Mari kita berimprovisasi dari sms tersebut.
Akupun bikin, cuma dari ati-ampela saja karena aku males motong motong ayam, gak punya pisau besar. Klo beli ayam di mang sayur masih potongan besar. Aku bikin sesuai resep Tri.  Ternyata enaaaak..... kalau makan jadi pengen nambah dan nambah lagi. Apalagi kalau makan beralaskan daunnya itu, aromanya jadi lebih sedap... coba enggak kolesterol pasti aku makan lebih banyak.hehehe
Langsung kepikiran, kayaknya klo potongan ati/ayam dioplos sama potongan tempe enak juga kali ya.. trus tambahin buncis biar gak masak sayur #pemalasan.
*sayang pak suami kurang suka. Aku lupa, clue beliau tentang lauk adalah 'sesuatu yang dipegang di luar sayur' * Dan ini menjadi alasan ke depan mau bikin lagi garang asem atau tidak, mengingat effortnya yang lumayan ekstra.

4 komentar:

  1. wah bumil jadi ngileeer....mbaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puuu.... hhihi.. udah lama gak mampir setelah hijrah dari MP
      Ayo bikin bikin .... gampang kok.. cuma .. ya gitu..extra effort

      Hapus
  2. boleh dicoba juga ni.. pake ikan enak gak ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduuuuh....belum pernah tahu. Tapi kayaknya enak enak aja xixixi buat lidahku lhooo

      Hapus