Tentang Titi

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
istri, ibu dari 5 anak, full time worker, menghibur diri dengan berkreasi dan berpuisi

Senin, 03 Desember 2012

Gateu African A la Koboy eh Cogirl ^_^

Aku mungkin termasuk emak emak yang pelit dan penuh perhitungan dalam hal mau jajan. Meskipun, setelah jajan ya suka kalap dan lupa diri serta lupa isi dompet sampai akhir bulan apa enggak :p
Sebagai bukti bahwa aku penuh perhitungan itu adalah aku bekal makan pagi dan makan siang hampir tiap hari. Kenapa nggak tiap hari ? Karena memang aku menyediakan waktu/ hari hari tertentu untuk makan di luar. Apalagi kalau di traktir. Aku semangat sekali untuk tidak membawa bekal dari rumah.

Nah pada tanggal 29 November kemaren rencananya aku mau makan bareng sama buibu kantor suami. *haha memperluas pergaulan* Nah ternyata pada hari yang dijanjikan itu, salah satu dari mereka berulang tahun. Maka sebagai kejutan aku niat membuat kue ulang tahun. Apa itu ? Andalan laaah... triple mousse cake. Aku sengaja beli loyang bongkar pasang sesuai dengan postingan aku sebelum ini, bahwa loyang itu ngaruh banget dalam kerapian. Trus aku juga mau pamerin rasa cake aku yang udah beberapa kali dipesan sama teman teman dekat ini. *niatnya udah nggak lurus

Eh, ndilalah kersaning Gusti Allah, aku nggak boleh nyombong dan pamer, maka lupalah aku akan bahan utama dari triple mousse, yaitu whipping cream. Astaghfirullah... akupun segera beristighfar. 
Pertama yang kulakukan adalah mencari whipcream bubuk -biasanya aku pake yg cair- di mini market dekat rumah. 4 mini market disambangin plus satu toko bahan kue eh nggak ada semua. Mantapppps...
Tapi bagaimanapun juga aku nggak mau ngecewain temen, karena udah janji mau membuatkan kue rasa coklat. Maka akupun berkonsultasi sama -siapa lagi- klo bukan Mbak Tri.
Ada nggak sih, kue yang nggak pake krim. 
Ternyata aku tidak salah. Mbak Tri langsung bilang, ada ! Cake isi fla. (Olala...) dan ada pula nama kerennya "Gateu African"
Sipppooo.... 

Si Mbak Tri yang know me so well langsung bilang, udahlah, cake-nya apa aja yang dirimu bisa mba. *asyik* Aku pake cake andalan dari  resep tripple mousse.
Katanya resep aslinya perlu kuning telur lebih banyak.
Trus dia kasih resep fla nya. 
2 kuning telur, 50gr maizena, 500ml susu, 75 gr gula, harusnya pake rum+vanila, tapi aku ganti pake cokla bubuk 1sdm
cairkan tepung dg sedikit susu, kocok lepan kuning telur, campurkan dan sisihkan. Lalu masak sisa susu+gula sampai mendidih. campuran maizena+telur tadi, kasih sedikit susu panas, trus jadikan satu sama susu yg dimasak. aduk aduk sampai kental. terakhir masukkan coklat bubuk sambil diayak.
Yes !

Tanpa cerita bla bla bla.. lancarlah aku membuat semua itu. Si mbak Tri juga nambahin saran, kalau mau coklat banget, tambahkan coklat parut.
Maka akupun mulai berimprovisasi.
Cake matang, agak dingin aku belah dua. Trus aku susun. Cake - fla coklat - coklat parut (putih+dcc)-cake lagi - fla coklat lagi - ganache - coklat parut lagi.
Beginilah hasil eksperimen aku :
penampakan asli
Karena aku mau kasih kejutan, maka sengaja tulisan happy birthday itu aku tulis di papan coklat yang aku simpan di kotak tupperware. Maksudnya, nanti kalau makan bersama, ku keluarkanlah itu tulisan.
Ternyata, memang benar benar Allah telah menetapkan untukku sebuah keputusan. 
Kira kira menjelang jam 11-an, si teman itu sms, katanya mohon maaf, gak jadi janjian makan karena tiba tiba ada tamu dari pusat. *gubraks
Bukannya aku yang membuat kejutan tapi aku yang terkejut kejut dengan seluruh rangkaian peristiwa terkait kue ini. Banyak hikmah deh.
Tapi.. karena udah diniatin utk yang sedang berulang tahun, maka kue ini pun tetap aku antar ke kantornya.
"Enak mbak, coklatnya mantep banget " ituh sms darinya. *wings*



 Salam Kreatif !

8 komentar:

  1. Eaaahhh... sekarang sudah siap bawa pisau dan piring kecil... Mauuuu....

    BalasHapus
  2. bisa di paketin mbak?..:)
    salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa Mak, alasnya :p
      salam kenal kembaliii...

      Hapus
  3. Kunjungan pertama. Ya ampun, Mbak, mupeng banget dah aku. :)) *glek1

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat datang mbak Haya....*gelarkarpet
      boleh kepengen kok *siapin tisu :))

      Hapus