Tentang Titi

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
istri, ibu dari 5 anak, full time worker, menghibur diri dengan berkreasi dan berpuisi

Kamis, 18 Juli 2013

Skutel Mie

Makanan ini juga kudapat pertama kali dari keluarga Lampung, maksudnya keluarga suamiku. Bikinnya gampaaaaang... klo gak gampang aku gak mau bikin. *emakrempong
Jangan tanyakan kandungan gizi dan segi kesehatan ya... karena menurutku makanan ini hanya memanjakan lidah dan sama statusnya dengan makanan berbahan mie instan lainnya. Bila teman termasuk yang no instan atau no msg, silakan dikreasi sendiri.
Bahan :
-2 bungkus mie instan rebus
-1 wortel kecil, potong korek api lalu buat kotak-kotak kecil
-5 buah buncis potong kecil kecil
-1 sachet kornet
- 50gr terigu
Cara membuat:
- rebus mie instan sesuai petunjuk di bungkusnya. Setelah matang buang airnya.
- rebus mie instan yang telah matang tsb dengan 2 gelas air. Masukkan potongan wortel+buncis+kornet. Aduk aduk terus dan masak sampai asat.
- tambahkan lagi satu gelas air. Ratakan.
- tunggu sampai air tambahan tadi mendidih lalu kecilkan api dan masukkan terigu sedikit demi sedikit dengan tangan kiri sambil aduk cepat dengan tangan kanan agar tidak menggumpal.
- matikan api bila sudah tercampur rata.
Nah sekarang adonan 'skutel' sudah siap dimasukkan ke dalam wadah / cetakan. Kalau mau gampang pakai pinggan tahan panas. Tuang dan padatkan. Simpan skutel ini 1-2 jam sampai membeku. Bisalah ditinggal tidur siang dulu. :D
Setelah dingin potong potong lalu masukkan ke bahan pencelup kemudian goreng.
Oh iya  masukin ke cetakannya harus masih dalam kondisi panas ya supaya masih mudah dibentuk.
Alternatif bahan pencelup:
1. Telur kocok saja;
2. Celup ke telur kocok terus dicelup lagi ke tepung roti. Klo yang ini aku males karena bikin minyak goreng di wajan jadi kotor.
3. Aku pake 2 sdm terigu+setengah gelas air+1 telor +sedikit garam. Aduk aduk. Aku seringnya pakai bahan ini.
Keterangan pict searah jarum jam dari kiri atas: mie yang sudah direbus sampai asat-mie setelah ditambah air+terigu- skutel setelah dibekukan dan dipotong2 - skutel mie sudah siap saji.

ini digedein jadi blur ya

10 komentar:

  1. oohh ndak pake campuran telor yaa mbak waktu bikin sekutelnya, kalau makaroni juga gitu gag yaa bikinnya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk ya ng ini ndak pakai telor Niar... kalau yang pakai makroni setauku pakai susu dan telur.

      Hapus
  2. fotonya kekecilan Teeeeh. Kepengen nyobain ah kapan2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oriiin... maaaf . Aku posting dari hape inih. Tidak dapat memperkirakan gambarnya. Okeh nanti kuedit deeeh....

      Cobain yaaa... gampil kok.

      Hapus
  3. Aku dulu juga sering bikin mbak.. tapi ya malas digorengnya itu soalnya ^_^, ngotorin minyak, hihihihi.. kalo pake mi biasa, kudu pake bumbu bawang putih ma merica dong ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tosss... nggak suka gorengan yang ngotorin minyak. Iyah, makanya aku ganti terigu campur telor gitu aja.
      Klo bukan mie instan, berarti harus dibumbui lagi supaya enak.

      Hapus
  4. Iya, fotonya kurang, pengen liat step by stepnyaa :)
    boleh nih buat menu sahur, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata fotonya jadi blur klo diperbesar

      Hapus