Tentang Titi

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
istri, ibu dari 5 anak, full time worker, menghibur diri dengan berkreasi dan berpuisi

Sabtu, 08 Juni 2013

Puding Orange-Cheese Cake

Sudah lama aku ingin mencoba perpaduan rasa keju dan jeruk. Kayaknya enak aja ya.. saat menyebutkan nama orange-cheese, hihi.. tapi pernah dulu salah satu produk eskrim menanyakan apa rasa yang belum ada di pasaran yang kamu inginkan trus aku jawab orange cheese malah diketawain sama admin twitternya. :D Ya sudahlah kalau enggak percaya maaah... Aku bikin aja sendiri ..

Bahan :
2 buah agar agar putih
1 kotak susu ultra putih 250ml
1 cup activia yoghurt
250 gr keju chedar
250 gr oreo biskuit, pisahkan krimnya.
jeruk untuk hiasan (aku pakai jeruk lokham)
gula pasir secukupnya

Cara membuatnya :
1. Masak satu agar agar putih dengan cara biasa, tambahkan gula pasir sesuai selera. Biasanya aku masak dengan 3 gelas air dan 6 sdm gula pasir.
2. Susun biskuit oreo tanpa krim di dasar loyang bongkar pasang. Kemudian siramkan agar agar putih sedikit demi sedikit ketika masih agak panas, supaya lebih mudah diserap oleh biskuit. Aku menyiramnya pakai sendok. Sisakan sepertiga agar agar tersebut.
3. Masak susu ultra bersama keju yang sudah diparut. aduk aduk terus supaya tidak bergumpal, sisihkan
4. Masa satu agar agar lagi dengan segelas air, tambahkan gula satu sdm. Setelah mendidih, masukkan larutan keju susu, aduk aduk, matikan kompor, masukkan yoghurt.
5. Tuangkan sedikit demi sedikit agar-agar keju ini di atas lapisan oreo. Aku juga menggunakan sendok makan. Ternyata campuran agar-agar ini cepat sekali membeku dalam suhu ruang
6. Susun jeruk di atas lapisan keju, tuangkan sisa agar - agar putih yang pertama. bila sudah dingin hangatkan sebentar di atas api kecil.


ini jadinya, yang kubuat di loyang bongkar pasang. susuan oreo-keju-buah

Nah, ini yang kubuat di cetakan puding. Susunan pertama buah - keju- oreo. Jadi pas dikeluarkan dari cetakan, buah tetap di atas.

ketika sudah dipotong

Catatan :

  • Aku bikinnya kan keju chedarnya diparut, meski diaduk-aduk tetep aja masih tersisa printilan. Kayaknya kalau diblender susu+keju parut, printilannya bisa hilang nggak ya..
  • Aku pakai oreo, kata anakku, rasa oreonya jadi dominan . Kalau pakai roti tawar atau regal gimana ya..
  • Aku pakai yoghurt activia, kayaknya kalau pakai yoghurt plain, rasa kejunya lebih terasa.
  • Ngebayangin kalau dikasih fla rasa susu atau rasa buah barangkali akan lebih segarrrr...
Tertarik ? Silakan dicoba ya....


Salam Kreatif !

2 komentar: