Tentang Titi

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
istri, ibu dari 5 anak, full time worker, menghibur diri dengan berkreasi dan berpuisi

Selasa, 08 April 2014

Pepes Ikan Bumbu Urap

Ada aneka cara membuat pepes. Masing-masing ratu dapur pasti punya resep sendiri untuk membuatnya.
Yang akan kuposting sekarang ini adalah pepes ikan a la ibuku.
Sejujurnya aku tidak pernah belajar atau diajari secara khusus membuat pepes ini ya... tetapi lebih ke mengandalkan ingatan masa kecil *haiyah... kayak sekarang udah gede aja*
Waktu itu aku hanya sebagai figuran di dapur ibuku. Paling banter tugasku hanya mengupas bawang, memotong bumbu atau nggosreng di wajan. Tapi kegiatan berulang itu, ternyata terekam ya... *sambil ngoreksi diri apa yang udah diajarkan ke tiga gadis di rumah*

Okelah curcolnya jangan kebanyakan. Yang jelas, karena masa kecilku di Cilacap, ibuku selalu masak ikan laut, bulan ikan air tawar.

Bahan yang harus disiapkan :
* satu kg ikan (aku pakai ikan kembung) -sekilo dpt 7 ekor uluran sedang. Kerat-kerat badannya.
* daun kemangi bila suka
* daun pisang untuk membungkus
* lidi/tusuk gigi untuk menjepit bungkusan

Bumbu-bumbu :
* setengah butir kelapa, parut (hihi, masuknya ke bumbu ya... karena mau jadi bumbu memang)
* haluskan :
5 bawang merah,
5 bawang putih,
2 cabai merah (boleh ditambah kalau suka pedas)
Garam (garamnya banyakin dikit, biasanya kalau dikukus, asinnya jadi turun-perasaanku lho ya...)
* iris-iris
- 5 batang serai
- 1 jari kunyit
- 1 jari jahe
- 1 jari lengkuas
* beberapa lembar daun salam untuk 'alas' pepes
* cabai rawit bila suka

Cara mengolah :
* campurkan kelapa parut dengan bumbu halus, tambahkan kemangi dan bumbu iris. Tambahkan juga cabe rawit kalau suka. Aduk rata, cicip rasanya.
* ambil daun pisang, kemudian susun diatasnya 2 lembar daun salam, bumbu kelapa, ikan, bumbu kelapa lagi. Bumbu boleh dimasukkan ke perut dan kepala ikan. Kemudian bungkus. Sematkan lidi.
Lakukan sampai ikan dan kelapa habis.
* kukus kurang lebih satu jam agar tanak.

Nah... sementara nunggu ikan mateng, boleh dong kita siangi bayam dan tauge. Buat apa ? Kok nggak disebut sebelumnya ?
Yak, makanan sehat kan musti ada sayur.
Jadiii pas nanti ikan matang, ambillah bumbu kelapa dalam pepes, campurkan dengan sayur.
Tadaaaaa.... praktis kaan ?

11 komentar:

  1. Praktis banget mbaaa.. jafi ngiler deh akuu :p

    BalasHapus
  2. Yummmi bgtt. Saya suka pepes, Mbaaa. Urap kesulaan Ibu. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa... yummi. Kesukaan ibu kita sammaaa ya...

      Hapus
  3. Balasan
    1. Urap memang nagih, Mbak. Bikin makan jadi nambah lagi nambah lagi

      Hapus
  4. Aku sukanya pepes tahu udaang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum pernah bikiiiin. Mau nyobain aaah

      Hapus
  5. Melihat gambarnya saja sudah ngiler, huhui....kalau orang Jawa bilang, Enak Ton .... !!!! hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... boleh ngiler.. silakan

      Hapus
  6. MBa mba ternyata resepnya bejibun yaaa hahaha. Aku seneng masak tapi belum macem2 nyoba masaknya

    BalasHapus