Tentang Titi

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
istri, ibu dari 5 anak, full time worker, menghibur diri dengan berkreasi dan berpuisi

Selasa, 20 September 2011

Gamis Seragaman

Seperti di postingananku yang ini, berikut ini titi tampilkan (cie...cie.. tampil niy...) secara lengkap, gambar gamis seragam, detailnya dan cerita dibalik pembuatan detail itu..

1.GAMIS UMMI
Awalnya ini adalah seragam ibu ibu di kantor, khusus di seksi aku. Bikinnya passs menjelang lebaran, pas kulihat warna dan motif kainnya bagus, tiba tiba keidean buat bikin seragam dengan gadis gadisku sekalian.
Tampak depan, ada ploi di bagian bawah. Ini mah semacam 'trade mark'. Karena ibu ibu lain juga bikin ada ploi, hanya mereka bikin blus. Aku males harus beli bawahan, jadi aku bikin gamis aja... :D. Udah gitu, males pake manset juga, maka ujung lengan dikasih karet.
Di bagian sambungan dada ada rumbai rumbai yang aku ambil dari pinggiran kain polos.



gamis ummi tampak belakang, dengan aksen ikat pinggang yang sengaja dibuat kendor, agar tidak menampakkan bentuk tubuh. Tadinya mau dibuat tali, tapi kok rasanya udah banyak bajuku yang bertali di belakang. (hehe.. aku suka, walaupun tali belakang jadi seperti baju anak anak). Makanya jadilah ikat pinggang ini. Biar beda dikit.



2. GAMIS MBAK FATHIMAH
Aksen yang nampak adalah bolero polos di bagian depan. Gamis ini sebenernya yang terakhir dibuat. Si mbak yang menjelang gadis ini mulanya nggak mau baju samaan. Udah gitu, pas mau juga, pake syarat ini dan itu, nggak mau ada sambungan di atas, nggak mau lurus, ah pokoknya macam macam deh. Akunya jadi bingung, masa' dia sendiri yang nggak pake seragam. Akhirnya pas dia pengen pake bolero seperti itu, ya udah deh, dibuat sebisanya. Selain itu, ada dua saku tempel yang divariasi, dan ada ploi di ujung lengannya, di bagian kain polosnya. Tapi nggak begitu jelas ya.. di foto ini. Nah, ini penampakannya utuhnya.



3. GAMIS AYUK

Aksen baju Ayuk adalah kancing warna warni di ujung lengan dan ujung bawah gamis. Sebenarnya itu tidak sengaja. Awalnya aku beli kancing, tapi di tokonya, kancing yang motif itu terbatas banget, jadi mau pake acara tabrak lari dengan kancing warna warni. Eh, tiba tiba keidean masang di baju Ayuk, daripada aku pasang payet, males menjahitnya. hehehe
Ada kesalahan pas aku mengukur lebar gamis bagian bawah, ternyata nge-pas banget, jadi aku buat belahan kanan dan kiri di bagian kain polosnya.



4. GAMIS TETEH
Gamis teteh ini agak senada dengan Ummi, pertama di bagian rumbai rumbai, tapi di Teteh kupasang di dada dan lengan. Ujung lengannya juga sama sama pake karet. Eh, tapi kok pas udah jadi, nampak polos amat yah... Akhirnya aku sulamin pake benang jahit, karena idenya datang tiba tiba banget. Waktu itu kami udah di Lampung. Di laci laci mesin jahit almarhum mertuaku nggak ada benang sulam. Maka pake benang seadanya. ALhamdulillah juga masih ada benang warna warni.
Maka jadilah penampakan seperti ini.. lumayan laaah. Bahkan Ayuk pun protes kenapa bajunya enggak ada sulaman. (Andai dia tau jalan ceritanya ...)



Ternyata seneng yah.. menjahit lagi. Kapan ya aku terakhir menjahit (pake mesin). Sekitar tahun 2004-an. Pas bikin seragaman juga buat nikahan sahabatku.
Terima kasih buat mbak Rahma yang udah meminjamkan mesin jahit portable-nya. Sayang aku belum bisa make jahitan yang motif motif gitu.. Jadi belum bisa mengeksplore dengan maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar