Tentang Titi

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
istri, ibu dari 5 anak, full time worker, menghibur diri dengan berkreasi dan berpuisi

Senin, 26 Maret 2012

(Bukan) Tuto bikin Selimut

Nggak pede bikin tuto, ini cerita aja, proses aku bikin selimut (lagi).
Sebelum mulai siapkan alat alatnya
-gunting
-benang
-jarum jahit
Bahan :

-kain sesuai ukuran selimut yang akan dibuat (disini aku pake kain sisa sisa)
-dakron sebagai lapisan

Nah ceritanya begini
1. Pertama tama, aku kira kira bentuk selimutnya bakal seperti ini

2. Sambung tiap bagian dengan cara dijelujur di bagian dalam(bagian kiri), kemudian di jahit ulang dengan tikam jejak di bagian luarnya.(seperti potongan sebelah kanan)

3. Setelah disambung semua, tampaklah seperti ini

4. Potong dacron 1-2 cm lebih lebar dari bahan selimut di atas, dan potong kain lapisan bagian dalam lebih lebar 3-5 cm dari potongan dacron

5. Kemudian lipat kain lapisan dalam ke bagian atas selimut, hingga dacron tertutupi. Jahit dengan tikam jejak (tapi kecil kecil ya.. jaraknya)

6. Jahit sekeliling sampai selesai seperti ini
6. Sebentarrr.. satu step lagi, karena pemakai selimut ini adalah pasangan muda yang kesana kemari pakai motor, aku buatkan tudung kepala seperti ini. Susun dacron,. kain lapisan bawah dengan sisi bagus menghadap ke atas, kemudian kain kotak kotak dengan lapisan bagus menghadap ke bawah. Jahit jelujur sekeliling, sisakan sekitar 10 cm, kemudian balik. Posisi jadinya dacron ada di dalam. Tutup bagian yang belum dijahit dengan jelujur. Kenapa cukup jelujur ? karena saya akan menjahit keliling dengan tusuk feston.

7. Setelah dibalik, rapikah sisi alas segitiga dengan tusuk feston, dan tempelkan sisi sisi segitiga ke selimut yang sudah jadi dengan tusuk feston juga.


8. Terakhir, jahit pas sambungan tengah, selain untuk memperkuat, juga untuk memberikan siluet bentuk seperti ini


Salam Kreatif !

6 komentar:

  1. wa wa jadi tau jait pinggiran selimut kayak gitu
    aku tuh agak2 gak riweuh kalo buat bias tape ( bener kan namanya bias tape :p) hihihihi jadi biasanya pinggirannya suka polos aja :p (hihinbilang aja maless :p)

    nahh ini pencerahan buat pinggirannya ternyata ada cara kayak gini..makasiih banyakk mbak tities :***

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Eno.. sama dong, aku jg males njahit model pasang bisban gitu ya.. ini cara koboy.. hahha

      Hapus
  2. mbaa.. itu jahitnya pake mesin jahitkan? bukan pake jahit tangan?? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake tangan dong neeeng, dikecoss semuaaah..

      Hapus
    2. kerennnnnnnn.... aku mah suka melempem ditengah.
      jd byk project yg ga kelar2...

      Hapus
  3. Narita Rahayu adalah Distributor Kain Majun Pertama di Indonesia. Jual Kain Majun untuk Cikarang. Cek Harga Kain Majun terbaru di naritarahayu.com

    BalasHapus